Selamat Datang

Belajar Merancang Percobaan merupakan blog untuk mendukung pembelajaran blended learning mata kuliah Perancangan Percobaan bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog sedang dalam pembuatan sehingga belum dapat menyediakan layanan secara penuh. Silahkan berkunjung kembali untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan dukungan pembelajaran yang diberikan melalui blog ini. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Minggu, 12 Maret 2023

Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 mata kuliah Perancangan Percobaan oleh dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. akan dilaksanakan secara daring pada Senin, 18 Maret 2024 mulai pada pukul 16.00 sampai pada Selasa, 19 Maret 2024 pukul 16.00 WITA. Soal dan pertanyaan serta kelengkapam ujian dapat diakses dengan mengklik tautan pada halaman ini atau dengan mengunduh file dari SIADIKNONA dan kemudian menjawab melalui formulir Lembar Jawaban Ujian yang disadiakan pada halaman ini. Sebelum mengerjakan ujian, silahkan terlebih dahulu membaca panduan ini sampai benar-benar mengerti.

Menyiapkan Diri Melaksanakan Ujian
Sebelum mengikuti ujian, silahkan membaca kembali materi kuliah yang diujikan oleh dosen penguji sebagai berikut:

Setelah membaca kembali setiap materi kuliah, silahkan memastikan bahwa Anda telah:
  1. Menyampaikan komentar dan/atau menanggapi komentar yang disampaikan oleh mahasiswa lain
  2. Membagikan materi kuliah melalui media sosial masing-masing
  3. Memasukkan laporan mengerjakan tugas kuliah bersama-sama dengan memasukkan laporan melaksanakan kuliah.
  4. Memastikan telah memasang aplikasi tabel lajur Excel dan mengaktifkan add-ins Analysis ToolPack atau SmartStatXL.
  5. Memasang program aplikasi R dan program aplikasi antarmuka RStudio.
Pada saat mengerjakan ujian Anda akan diminta untuk memasukkan bukti telah mengerjakan dan/atau perlu menggunakan hal-hal tersebut di atas.

Mematuhi Ketentuan Pelaksanaan Ujian Tengah Semester 
Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Melakukan login dengan menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama masing-masing. Jawaban ujian dengan nama dan alamat email yang tidak sama dengan nama masing-masing tidak akan dinilai. Jika belum mempunyai akun email yang menggunakan nama yang sesuai dengan nama masiing-masing, silahkan membuat akun email yang sesuai dengan ketentuan.
  2. Sebelum menjawab pertanyaan ujian, Anda disilahkan membaca kembali catatan dan materi kuliah, membaca buku teks, dan artikel jurnal ilmiah yang diberikan sebagai pustaka. 
  3. Untuk menjawab pertanyaan ujian, Anda HARUS menyusun kalimat jawaban dan melakukan perhitungan dan/atau melakukan analisis sendiri. Anda DILARANG menyalin dan menempel jawaban dari tulisan blog atau dari tulisan dari sumber manapun, termasuk menyalin dan menempel jawaban mahasiswa lain atau menyalin dan menempel dari Internet
  4. Jawaban yang Anda masukkan akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari sumber lain. Jika Anda melanggar ketentuan ini maka akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis dengan menyalin dan menempel.
  5. Memasukkan jawaban terhadap pertanyaan ujian melalui tautan Lembar Jawaban Ujian hanya satu kali, memeriksa untuk memastikan bahwa lembar jawaban ujian sudah masuk, menandatangani daftar hadir melaksanakan ujian, dan memriksa untuk memastikan bahwa Anda telah menandatangani daftar hadir.
Melaksanakan Ujian Tengah Semester
Untuk melaksanakan ujian, Anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Mengakses halaman KASUS UJIAN dan halaman PERTANYAAN UJIAN (klik setelah tautan aktif) dan kemudian menyalin kasus ujian dan pertanyaan ujian lalu menempel pada program aplikasi Notepad atau mengunduh kasus dan pertanyaan ujian dari SIADIKNONA;
  2. Menjawab pertanyaan dengan terlebih dahulu mengetikkan atau mengerjakan analisis dengan menggunakan program aplikasi yang ditentukan untuk menjawab setiap pertanyaan;
  3. Mengunduh file REKAPITULASI KOMENTAR DAN PEMBAGIAN (klik setelah tautan aktif lalu simpan file dengan mengklik File>Download>Microsoft Excel) yang terdiri atas sheet Komentar&Tanggapan sheet Pembagian Blog&Materi untuk diisi sesuai dengan panduan yang diberikan pada sheet masing-masing untuk kemudian dimasukkan dengan cara mengunggah file yang sudah diisi melalui LEMBAR JAWABAN UJIAN.
  4. Mengunduh file KONTRAK KULIAH (klik setelah tautan aktif lalu simpan file dengan mengklik File>Download>Microsoft Work) dan mengunggah file yang telah disetujui oleh Ketua Kelas melalui LEMBAR JAWABAN UJIAN
  5. Memasukkan jawaban dan file kelengkapan ujian melalui tautan LEMBAR JAWABAN UJIAN (klik setelah tautan aktif) dan kemudian MENANDATANGANI DAFTAR HADIR (klik setelah tautan aktif) melaksanakan Ujian Tengah semester dengan mengklik tautan (link) yang telah disediakan selambat-lambatnya pada Selasa, 19 Maret 2024 pukul 16.00 WITA
Untuk memudahkan Anda mengerjakan ujian dan menghemat paket data apabila Anda mengakses Internet dengan menggunakan paket data, silahkan lakukan sebagai berikut:
  1. Mengaktifkan koneksi Internet untuk mengunduh soal/pertanyaan ujian dan file formulir rekapitulasi melalui tautan (link) yang diberikan.
  2. Mematikan akses Internet selama mengerjakan jawaban pertanyaan ujian dengan terlebih dahulu mengetikkan menggunakan program aplikasi Word. Pastikan jawaban dalam bentuk ketikan untuk setiap Pertanyaan Ujian tidak lebih dari 150 kata dengan memblok jawaban dan kemudian mengklik menu Review>Word Count.
  3. Setelah menjawab semua pertanyaan ujian, aktifkan kembali sambungan Internet dan klik tautan LEMBAR JAWABAN UJIAN untuk menyalin jawaban dari program aplikasi Word dan menempel pada kotak jawaban yang sesuai dengan Pertanyaan Ujian.
Setelah setiap pertanyaan pada Lembar Jawaban Ujian selesai diisi, aktifkan Kirim salinan tanggapan saya untuk mengirimkan salinan jawaban Anda ke email, lalu silahkan klik tombol Kirim untuk memasukkan Lembar Jawaban Ujian. Untuk memastikan bahwa LEMBAR JAWABAN UJIAN yang Anda kirimkan sudah masuk, silahkan klik tautan (link) untuk memastikan. Perhatikan bahwa setiap mahasiswa hanya dapat mengirimkan Lembar Jawaban Ujian satu kali. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua pertanyaan sudah terisi sebelum mengklik tombol Kirim. Tunggu beberapa menit sampai Lembar Jawaban Ujian telah terkirim.

Setelah Memasukkan LEMBAR JAWABAN UJIAN
Setelah melaksanakan ujian tengah semester secara daring, Anda perlu melakukan hal penting sebagai berikut:
  1. Memeriksa email masing-masing untuk memastikan Lembar Jawaban Ujian Teori dan Ujian Projek dan File Kelengkapan Ujian sudah diterima oleh sistem. 
  2. Memeriksa untuk MEMASTIKAN (klik setelah tautan aktif) telah menandatangani daftar hadir. 
Jika Anda tidak menandatangani daftar hadir dan tidak memasukkan Lembar Jawaban UTS maka Anda akan memperoleh nilai 0 untuk semua komponen penilaian yang terkait dengan UTS ini.

Terima kasih kepada Anda yang sudah berkenan membaca panduan dan mengerjakan UJIAN TENGAH SEMESTER sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang sudah Anda baca dan pahami.

***********
Hak cipta blog pada: I Wayan Mudita
Diterbitkan pertama kali pada 9 Oktober 2022, belum pernah diperbarui.

Creative Commons License

Hak cipta selurun tulisan pada blog ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Silahkan mengutip tulisan dengan merujuk sesuai dengan ketentuan perujukan akademik.